GEMASTIK UI
GEMASTIK atau Pagelaran Mahasiswa
Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan kegiatan
yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas peserta didik dalam memajukan
TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.
Dalam delapan tahun terakhir,
Gemastik telah dilaksanakan secara berkesinambungan di bawah Direktorat
Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI. Kegiatan ini
merupakan media penyalur kreativitas mahasiswa dalam pengembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi di tingkat nasional. Mahasiswa
sebagai pilar penting dalam pembangunan Negara, diharapkan dapat
meningkatkan kemampuannya dalam penguasaan TIK dan dapat mengembangkan
potensi besarnya sebagai agen perubahan melalui pengembangan IPTEK di
masa kini dan masa yang akan datang.
Pada tahun 2016 lalu, Gemastik telah diselenggarakan. Universitas Indonesia bertindak sebagai host
dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) sebagai
co-host. Ini merupakan tahun ke-9 kegiatan Gemastik sejak pertama kali
diselenggarakan pada tahun 2007. Pada tahun 2016, Gemastik 9 mengusung
tema "Enabling Smart Society through ICT". Acara puncak
Gemastik 9 dilaksanakan pada tanggal 27-29 Oktober 2016 di Kampus
Universitas Indonesia, Depok. Rangkaian acara dalam Gemastik 9 terdiri
dari Perlombaan di bidang TIK, Seminar, Pameran hasil karya Finalis
Gemastik 9 dan sponsor, serta Pentas Budaya dan Keseniaan.
Pada pagelaran Gemastik tahun 2016, ada 10 kategori perlombaan yaitu Pemrograman, Pengembangan Perangkat Lunak, Data Mining, Keamanan Jaringan & Sistem Informasi, Animasi, Piranti Cerdas & Embedded System, Desain User Experience, Pengembangan Bisnis TIK, Pengembangan Aplikasi Permainan, dan E-Goverment.
- Pemrograman
- Lomba pemrograman menguji kemampuan dan nalar dari setiap peserta dalam menyelesaikan program komputer untuk memecahkan permasalahan yang diberikan. Kriteria penilaian mencakup kecepatan penulisan program dan ketepatan/efisiensi dari program yang dibuat untuk setiap kasus permasalahan terkait. Saat pertandingan, peserta akan diberikan deskripsi-deskripsi sejumlah permasalahan dan dalam kurun waktu 3-5 jam peserta harus menyusun dan mengumpulkan sebanyak mungkin program yang dapat menjawab masing-masing permasalahan tersebut. Setiap program yang dibuat selain dapat menjawab dengan tepat kasus permasalahan yang diberikan, juga harus dapat dijalankan pada setiap kasus dalam waktu yang amat terbatas. Sehingga, selain peserta diadu dalam kecepatan dalam penulisan programnya, juga dituntut menemukan/menggunakan algoritma (dan struktur data) yang tepat dan efisien. Bahasa Pemrograman yang digunakan antara lain : C, C++, dan Java
- Informasi lengkap: Pemrograman
- Pengembangan Perangkat Lunak
- Lomba pengembangan perangkat lunak menguji kemampuan peserta dalam mengembangkan ide secara kreatif untuk memberikan solusi penyelesaian masalah di Indonesia dalam bentuk perangkat lunak berkualitas tinggi. Peserta lomba diharapkan mengembangkan produk perangkat lunak yang mampu memberi dampak terhadap kemandirian dan kecerdasan masyarakat Indonesia. Dampak ini harus dibuktikan bukan hanya dalam bentuk argumentasi namun juga harus dijunjung dengan data. Produk perangkat lunak yang dihasilkan harus bisa dioperasikan sehingga dampak tersebut dapat terukur. Platform produk perangkat lunak tidak dibatasi.
- Informasi lengkap: Pengembangan Perangkat Lunak
- Data Mining
- Para peserta lomba diharapkan mampu melakukan proses Data Mining terhadap Big Data yang tersedia secara publik di web serta sudah terverifikasi validitasnya. Langkah peserta selanjutnya adalah memvisualisasikan hasil proses data mining tersebut sehingga berguna bagi masyarakat luas.
- Informasi lengkap: Data Mining
- Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi
- Kompetisi Keamanan Jaringan adalah kompetisi untuk menguji kemampuan peserta dalam menghadapi kasus keamanan sistem komputer dan jaringan yang telah disiapkan. Sistem dirancang untuk mempunyai celah atau informasi tertentu yang berakibat terhadap dimungkinkannya peretasan pada sistem tersebut.
- Informasi lengkap: Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi
- Animasi
- Animasi merupakan sebuah lomba karya cipta dalam bentuk visualiasi 2D maupun 3D yang mengandung unsur kreativitas dan dan inovasi pemuda untuk menciptakan masyarakat yang berdikari/mandiri di Indonesia, sebagai elemen penting dalam karya cipta tersebut. Karya berbentuk film pendek dari bentuk digital animation.
- Informasi lengkap: Animasi
- Piranti Cerdas dan Embedded System
- Piranti cerdas (smart device) adalah sebuah hasil karya teknologi yang bekerja secara interaktif dan otomatis serta mampu memberikan suatu solusi bagi permasalahan sehari-hari. Sementara itu Embedded system adalah sebua piranti keras (hardware) yang bekerja berdasarkan perintah dari piranti lunak (software) dan didesain memiliki tujuan dan fungsi yang spesifik. Dengan menggabungkan konsep piranti cerdas dan embedded system, maka diharapkan dapat terciptanya sebuah sistem kompleks memiliki kualitas yang baik. Dilengkapi dengan antarmuka yang baik dan penggunaan sensor sebagai input dari keadaan lingkungan, piranti cerdas dapat bekerja secara efisien dan memberikan manfaat yang besar bagi lingkungan dan masyarakat.
- Informasi lengkap: Piranti Cerdas dan Embedded System
- Desain User Experience
- Lomba Desain User Experience (UX) adalah lomba desain produk yang berorientasi kepada kenyamanan dan kemudahan pengguna (user) ketika menggunakannya. Dalam lomba ini yang menjadi fokus utama adalah pengalaman yang didapatkan pengguna ketika sedang menggunakan aplikasi tersebut secara menyeluruh. Para peserta lomba dituntut agar dapat merancang suatu antarmuka pengguna yang baik dengan menggunakan metode sehingga didapatkan hasil desain aplikasi yang memiliki kualitas UX yang baik.
- Informasi lengkap: Desain User Experience
- Pengembangan Bisnis TIK
- Kategori lomba ini adalah kompetisi pengembangan model bisnis dengan produk TIK. Lomba ini memberikan kesempatan kepada peserta yang memiliki ide bisnis, startup dan pengembangan usaha yang berorientasi pada produk TIK, baik berupa jasa dan produk. Lomba ini akan menyeleksi ide pengembangan bisnis dalam bentuk ringkasan eksekutif pada penyisihan tahap pertama, kemudian business plan pada penyisihan tahap kedua, dan kompetisi produk disertai dengan proyeksi bisnisnya.
- Informasi lengkap: Pengembangan Bisnis TIK
- Pengembangan Aplikasi Permainan
- Lomba pengembangan aplikasi permainan mendorong peserta untuk berkreasi dan berinovasi untuk mengembangkan aplikasi permainan yang mampu berjalan dengan baik untuk memenuhi tujuan yang dicapai, memperlihatkan sisi pendidikan, mempunyai dampak dan manfaat, sekaligus mengandung unsur menghibur (entertainment value) dari sebuah permainan itu sendiri.
- Informasi lengkap: Pengembangan Aplikasi Permainan
- E-Goverment
- E-Government merupakan pemanfaatan teknologi informasi berbasis internet oleh pemerintah dalam memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat, bisnis, pegawai, atau pemerintah lainnya, atau sebaliknya masyarakat atau bisnis dapat berinteraksi, atau memberikan informasi kepada pemerintah. Aplikasi e-Government dapat diimplementasikan dalam bentuk web-based, mobile-based atau kombinasi keduanya.
- Informasi lengkap: E-Goverment
Informasi lebih lanjut:
- belmawa.ristekdikti.go.id
- gemastik.ui.ac.id